Saturday, January 10, 2009

5 Tokoh teknologi 2008

Walaupun banyak dihantui masalah perekonomian, 2008 merupakan tahun yang banyak melahirkan perubahan dan kepemimpinan yang sukses di industri teknologi. Menyalahkan kegagalan atau mengalamatkan sebuah keberhasilan kepada seseorang selalu merupakan tugas yang sulit, terutama pada perusahaan yang beranggotakan ratusan bahkan ribuan karyawan. Namun tidak diragukan lagi, industri ini memiliki berbagai kepribadian mengagumkan yang memiliki visi dan mendorong perubahan pada teknologi masa kini dan masa depan.

Ada begitu banyak tokoh di industri teknologi yang pantas mendapatkan penghargaan, namun berikut adalah mereka yang paling memberikan dampak pada teknologi selama 2008.

1. Jason Kilar — CEO, Hulu



Memimpin situs video yang didukung oleh penyedia video dan konten media besar (NBC Universal, News Corp.) dapat
mendatangkan sakit kepala, perkembangan Hulu selama 2008 sangatlah menakjubkan. Situs ini telah menjadi cukup besar untuk memaksa YouTube memulai bisnis baru serta menjadi pelopor cara menonton TV secara online.

Kilar begabung dengan Hulu dari Amazon.com di mana ia mengembangkan bisnis video perusahaan dan memimpin usaha perusahaan dalam mengembangkan perangkat lunak. Comscore memperkirakan Hulu memiliki 24 juta pengunjung unik yang menonton lebih dari 235 juta video dalam sebulan.

2. Jonathan Ive — Senior Vice President of Industrial Design, Apple

ive

Apple adalah Steve Jobs dan Steve jobs adalah Apple. Ini adalah kesan yang disampaikan Jobs saat menyampaikan pidatonya. Sebuah ide produk yang hebat? Dicetus oleh Steve Job. Desain hebat? Jobs yang mendesainnya. Meskipun ada persepsi seperti itu, kita tahu bahwa ini tidak selalu terjadi.

Ada sejumlah orang di perusahaan Apple yang memberikan kontribusi kepada suksesnya Apple dan layak mendapatkan publikasi, namun tetap berada di balik layar. Skenario ini akan berubah, cepat atau lambat. Bukan Phil Schiller yang akan meneruskan tugas Jobs, melainkan guru desain Jonathan Ive. Perusahaan seringkali dikenali karena memiliki fokus pada desain dan hal ini jelas sangat penting untuk perusahaan. CEO Apple yang selanjutnya harus memiliki hasrat yang tinggi terhadap desain, untuk itu Jonathan Ive berada di sana.

3. Evan Williams — Co-founder dan CEO, Twitter

williams

Sukses di internet seringkali dibangun berdasarkan persepsi. Williams merupakan seorang pakar dalam menciptakan persepsi selama tahun 2008. Pertumbuhan Twitter selama 2008 membuatnya menjadi target akuisisi bernilai $500 juta oleh Facebook, tetapi pada akhirnya ditolak oleh Williams dan co-founder Jack Dorsey.

Padahal faktanya, Twitter jauh lebih kecil dari yang Anda kira: menurut Comscore, situs ini memiliki 5 juta pengunjung bulanan yang "hanya" menempatkannya pada jajaran 500 situs besar di seluruh dunia. Tetapi pertumbuhan Twitter sangatlah mengagumkan, jumlah pengunjung Twitter bertambah tiga kali lipat setiap bulannya.

Twitter baru-baru ini berhasil mendapatkan dana sebesar $15 juta serta terus berkembang menjadi situs jejaring sosial besar selama tahun 2008.

4. Mark Hurd — CEO, Hewlett Packard

hurd

Saat Mark Hurd menerima tugas sebagai CEO HP pada tahun 2005, tidak lama setelah perusahaan mendepak Carly Fiorina, harapan akan perusahaan tersebut cukup rendah. Penjualan yang terus turun serta moral yang rendah, juga skandal yang muncul membawa HP memasuki masa kelam.

Namun mantan CEO NCR ini mampu mengembalikan kejayaan HP, mengalahkan Dell dalam penjualan PC dan IBM dalam penjualan server, mengembangkan layanan secara organik dan menutup akuisisi EDS senilai $14 milyar. Walaupun beberapa minggu lalu HP mengumumkan rencana pemecatan karyawan secara global, perusahaan ini tetap merupakan satu dari sekian perusahaan IT yang paling sehat di seluruh dunia.

5. Steven Sinofsky — Senior Vice President, Windows and Windows Live Engineering Group, Microsoft

sinofski

Apakah Anda ingin tragedi Windows Vista terulang kembali? Steven Sinofsky memiliki tugas yang tepat. Windows Vista merupakan sebuah kegagalan bagi Microsoft, menyebabkan tergerusnya pangsa pasar Microsoft dengan kecapatan yang belum pernah terlihat dalam sejarah Windows. Pangsa pasar Windows saat ada ada pada titik terendah dalam 15 tahun terakhir.

Pada awalnya Sinofsky tidak disambut baik saat mengatakan bahwa Windows 7 akan ini dibangun di atas Vista, namun sejak saat itu ia telah mengubah Windows kembali menjadi OS yang mungkin dicintai banyak penggunanya setelah Vista. Sinofsky mewakili generasi baru dari pemimpin Microsoft yang memberikan sinyal perubahan pada bisnis Microsoft dan strategi produk.

3 comments:

uni_kabayan said...

wah baru tau gw tokoh2 itu...

Ayu Riezki Wulandari said...

gw suka materi lo yg soal video... hehehehehe.... coz kalo yg lain terlalu berat bwt gw. n gambar2nya jg ngebuat org yg baca jadi lebih ngerti... ajarin.... hahahahaha...

Ricky_Perdana said...

owdii