Sunday, January 18, 2009

seberapa pentingkah kehadiran pengunjung bagi website?


Seberapa pentingkah kehadiran pengunjung bagi website atau blog yang Anda kelola? Jika memang Anda menganggap bahwa kehadiran pengunjung itu penting, sangat penting, atau bahkan mungkin dijadikan parameter sukses atau tidaknya website atau blog yang Anda kelola tentunya Anda akan berupa menarik sebanyak mungkin pengunjung yang datang. Segala informasi mengenai pengunjung sudah seharusnya dipantau seperti jumlah kunjungan (hit), jumlah pembukaan halaman (pageview), dari mana mereka mengakses, apa yang paling banyak dicari pengunjung, halaman mana yang paling sering dibuka, dan masih banyak lagi data statistik yang dapat dijadikan acuan terkait dengan pengunjung termasuk pentingnya mengenali profil pengunjung berdasarkan apa yang mereka gunakan untuk mengakses website atau blog Anda.

Sebuah komputer dengan layar monitor serta browser adalah alat yang umum digunakan pengunjung untuk dapat melihat dan menggunakan fasilitas yang ada pada website atau blog. Mengenali apa yang kebanyakan pengunjung gunakan seperti browser dan resolusi monitor dapat Anda manfaatkan untuk memberikan fitur, design, dan layout website yang sesuai untuk kebanyakan pengunjung dengan tujuan memberikan kenyamanan saat mengakses website Anda.

Data statistik mengenai apa yang digunakan oleh pengunjung dapat Anda peroleh dari fasilitas website statistics yang disediakan penyedia layanan hosting seperti Awstats atau Webalizer atau menggunakan layanan website tracking lain seperti Google Analytics, W3Counter, StatCounter, atau lainnya. Berikut statistik data browser, resolusi monitor, dan sistem operasi yang paling banyak digunakan berdasarkan data Global Web Stats W3Counter dan pengunjung maseko.com untuk periode Desember 2008. Global stats dapat dijadikan acuan secara umum terutama bagi website yang tidak atau belum mempunyai data statistik.


Secara global memang Internet Explorer masih mendominasi sebagai browser yang paling banya digunakan, tetapi pengunjung maseko.com paling banyak menggunakan Mozilla Firefox. Dari sini, saya berusaha agar ketika ditampilkan melalui Firefox, fitur dan design blog ini dapat berjalan dan ditampilkan secara baik, dan tentu saja tetap mempertimbangkan pengguna browser lainnya. Jangan sampai saya menyiapkan blog ini tampil dan berjalan baik di Internet Explorer tetapi ternyata tidak berjalan baik di Firefox. Ketika mendesign atau menambah fitur baru sebaiknya diuji coba diakses dari berbagai browser yang berbeda.


Besar resolusi monitor yang umum digunakan pengunjung dapat dijadikan dasar untuk menentukan seberapa lebar tampilan web dalam satuan pixel. Sepengetahuan saya, jika suatu web lebih panjang dari ukuran tinggi resolusi monitor, akan tetap dapat diterima pengunjung dan bersedia men-scroll atas-bawah. Tetapi jika, selain perlu menggulung atas-bawah juga dituntut geser kanan-kiri, menurut pandangan saya itu akan merepotkan, dan itu sebabnya saya lebih mempertimbangkan unsur lebar resolusi yang digunakan, mengingat dalam layout saya menetukannya secara absolut dalam pixel bukan relatif dalam persentase terhadap lebar. Ketika awal mengembangkan blog ini saya menggunakan resolusi 800×600 sebagai acuan agar pengguna pada resolusi ini tidak perlu men-scroll ke kanan, dan dalam perkembangannya pengguna dengan monitor beresolusi ini makin mengecil dan saya berkeputusan menaikannya menjadi 1024×768 dengan pertimbangan pengguna resolusi layar yang lebih tinggi makin banyak, sehingga pada layar mereka tidak nampak area kosong di kanan atau kiri tampilan blog.


Selain berdasarkan browser apa yang digunakan, mengetahui pada sistem operasi apa browser itu digunakan, akan dapat digunakan suatu saat ketika misalnya akan menyediakan fitur tertentu yang mengharuskan pengunjung mendownload software atau plugin tertentu, dan untuk melihat kesiapan kita akan teknologi yang akan diterapkan dengan melihat kebanyakan sistem operasi yang digunakan pengunjung.

Data mayoritas terkait browser di atas, tentunya bukan digunakan hanya untuk memanjakan pengunjung terbanyak pada suatu masa saja. Apa yang ditampilkan dan disediakan akan tetap lebih baik jika diterima secara baik oleh semua jenis browser, dan mayoritas pengguna hanya dijadikan acuan dalam menentukan prioritas tertentu.

Bagaimana dengan profil browser pengunjung website atau blog Anda? Apakah Anda memperhatikan juga masalah ini?

2 comments:

Anonymous said...

wahh,, bermanfaat bgtttt yawhh

hendro said...

di keren bet blog lu???