Friday, January 16, 2009

YouTube hapus sebagian audio di beberapa video

Jika sering mengunjungi YouTube, bersiaplah untuk sesuatu yang baru. Jangan kaget apabila Anda akan menemukan sejumlah video yang ditampilkan tanpa di YouTube, dibarengi sebuah pemberitahuan yang mengatakan bahwa "video ini mengandung sebuah audio track yang belum mendapat ijin dari pemiliki hak cipta." Tampaknya YouTube sudah mulai mengimplementasikan sebuah sistem yang secara otomatis menghapus audio yang berlisensi dari video.


Kebijakan baru ini tampaknya juga memberikan pengaruh negatif bagi layanan-layanan yang bergantung pada konten audio YouTube. Salah satu contohnya adalah Audiolizer, sebuah layanan musik streaming yang menyajikan musik dari katalog video YouTube.

Pada akhirnya kebijikan ini hanya akan menyengsarakan para pengunjung Youube, karena tindakan ini tidak akan banyak membantu usaha melawan pembajakan di dunia musik. Akan lebih masuk akal bagi industri musik untuk menciptakan sejenis lisensi yang mengijinkan para pembuat video untuk menggunakan audio yang dilindungi hak cipta untuk video rumahan mereka dengan mengijinkan pihak penerbit musik menerima sebagian pendapatan dari iklan.

Sementara YouTube tengah berjuang untuk menyingkirkan video yang dilindungi hak cipta, Google juga tampaknya berusaha melakukan hal yang sama untuk audio. Keputusan untuk menyingkiran video musik resmi seperti yang ditampilkan di MTV mungkin masuk akal, tetapi keputusan untuk menghapus audio sangat merugikan komunitas karena hal ini berarti kita sudah tidak dapat lagi menikmati video parodi atau video musik yang dibuat oleh pengguna. Contohnya adalah video di bawah ini yang audionya telah dihapus.



Klik di sini untuk sumber artikel.

2 comments:

Pengetahuan Untuk Semua said...

emang iya yah???


yah udah gag seru lagi doung download di youtube ???

Anonymous said...

youtube brengsek, video gw d apus audionya, padahal yg liat udah bnyak